Senin, 08 Oktober 2012


1.Hakikat dan ruang lingkup ilmu sosial dasar (ISD)
Ilmu sosial dasar bisa diartikan sebagai hubungan alamiah atau timbal balik antar manusia dengan lingkungan sekitarnya.Hubungan ini dapat di artikan  dalam berkehidupan sosial dan kenyataan sosial hal inilah yang bisa menjadi suatu titik perhatian.Dengan demikian (ISD) dapat memberikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan dasar. tentang konsep-konsep dan gejala yang di kembangkan agar daya tanggap dan persepsijuga penalaran kita.Sedangkan budaya dasar sendiri bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan.
2.Ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah berkehidupan masyarakat dan pendidikan umum
Dengan mempelajari ilmu sosial dasar dapat membantu mahasiswa agar lebih meningkatkan kepekaan dan bisa berkenaan dengan lingkungan alamiah di sekitar kampus ataupun masyarakat.
Pendidikan Umum : memiliki tujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam masalah-masalah yang sedang di alami,juga penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, dengan demikian pula untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat bangsa dan negara.Tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi adalah :

a.    Sebagai usaha agar perkembangan kepribadian mahasiswa mampu berperan di kalangan masyarakat dan bangsa serta agama
b.    Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masyarakat Indonesia
c.    Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu    berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga memudahkan mereka berkomunikasi

3. Ilmu social dasar sebagai alternatif pemecahan masalah social budaya

ISBD merupakan sebagai integarasidari ISD dan IBD yang memberikan dasar-dasar ilmu pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya.

Pendekatan ISBD juga akan memperluas pandangan mahasiswa bahwa masalah sosial,kemanusian,dan budaya dapat didekati dari berbagai sudut pandang. Dengan wawasan sehingga mampu mengkaji sebuah masalah kemasyarakat yang lebih kompleks,agar mendapatkan jalan keluar dalam suatu masalah.

4. Perbedaan ISD dan BD

ISD  = fakta social yang ada di dalam lingkungan  masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social.Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik antar masyarakat, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.

IBD  = Berbagai aspek kehidupan mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk baik ungkapan, pikiran, perasaan, maupun tingkah laku.
·        



0 komentar:

Posting Komentar