Minggu, 21 Oktober 2012

KELUARGA DAN FUNGSI KELUARGA



  • Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
  • Keluarga inti adalah keluarga yang rerdiri dari ayah,ibu dan anaknya yang tinggal bersama dalam satu rumah.
  • Keluarga besar adalah keluarga yang terdiri dari keluarga inti yang disatukan oleh sanak saudara juga  kakek dan nenek.

Beberapa fungsi yang harus dijalankan keluarga:
  1. Fungsi Pendidikan dilihat dari bagaimana cara keluarga mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.
  2. Fungsi Sosialisasi anak dilihat dimana keluarga mempersiapkan anak untuk menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi Perlindungan dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  4. Fungsi Perasaan dilihat dari bagaimana keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi Agama dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
  6. Fungsi Ekonomi dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga.
  7. Fungsi Biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.
  8. Memberikan kasih sayang, perhatian, dan rasa aman di antara keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar